24 October 2012

Manajemen Kekayaan bukan saja untuk individu tetapi juga untuk perusahaan



Pengenalan
Kita sering mendengar tentang manajemen kekayaan bagi individu yang memounyai nilai asset bersih yang tinggi. Namun, manajemen kekayaan bukan saja untuk individu tetapi juga untuk perusahaan bisnis.

APAKAH MANAJEMEN KEKAYAAN?
Manajemen kekayaan adalah tentang metode mengelola kekayaan atau dana kelebihan Anda untuk mencapai sesuatu tujuan keuangan; sebagai contoh, untuk memastikan modal yang dilabur aman atau untuk memastikan risiko investasi dikelola dengan untuk setiap waktu. Uang atau kekayaan didefinisikan sebagai asset bersih Anda, sesudah dikurangi hutang (atau liability) Anda.

BAGAIMANA HENDAK BERMULA
Sebekum Anda memutuskan bagaimana uang Anda harus diurus, Anda perlu menentukan posisi keuangan dan tujuan keuangan Anda dan juga perusahaan Anda. Untuk tujuan ini, Anda harus:

• Memahami tujuan keuangan bisnis dan pribadi Anda dan kekangan yang dihadapi
• Menganalisis posisi keuangan perusahaan dan pribadi Anda dengan menggunakan analisis nilai asset bersih dan arus kas
• Menilai profil risiko bisnis dan risiko pribadi Anda
Anda perlu mempertimbangkan posisi keuangan pribadi Anda karena sebagai pemilik bisnis, posisi keuangan Anda terkait dengan kondisi bisnis Anda. Setelah Anda menentukan nilai asset bersih Anda dan menetapkan tujuan keuangan Anda, Anda harus memiliki satu rencana aksi untuk mencapai tujuan itu.

APAKAH ASPEK-ASPEK MANAJEMEN KEKAYAAN?
Saat ini, banyak perusahaan mengelola kekayaan mereka melalui instrument asuransi dan investasi. Rencana manajemen kekayaan yang komprehensif secara umum harus mencakup cara-cara untuk mempertahankan, mengembangkan dan mendistribusikan aset yang meliputi hal-hal berikut:
• Perencanaan hutang / arus kas untuk memungkinkan penggunaan kredit yang efisien dan optimal untuk bisnis
• Perencanaan dan manajemen investasi untuk mempertahankan kekayaan dan memastikan keuntungan yang wajar
• Perencanaan asuransi untuk perlindungan bisnis (sebagai contoh, kebakaran, pencurian, kelautan atau asuransi untuk pekerja utama0 dan perlindungan pribadi (kematian, cacat, penyakit kritis dan isi rumah)
• Perencanaan pajak untuk meminimalkan aliran keluar tunai yang berlebihan dan memastikan manajemen arus kas yang efisien
• Perencanaan pensiun dan kesejahteraan karyawan untuk mempertahankan karyawan utama untuk penerusan bisnis
• Perencanaan pensiun dan penggantian untuk memastikan operasi bisnis dan dilanjutkan dengan lancer ketika pemilik bisnis meninggalkan bisnis itu
• Perencanaan harta untuk memastikan transfer kekayaan yang efesien kepada pengganti atau Penerima Manfaat

PERANCANGAN ALIRAN TUNAI
Langkah pertama untuk memahami posisi keuangan Anda dengan lebih baik adalah dengan mengelola aliran masuk dan keluar tunai. Manajemen arus kas Anda yang baik memungkinkan Anda menggunakan dana sisa untuk keuntungan Anda. Manajemen arus kas ini tergantung pada ketersediaan dana dalam jangka pendek, menengah atau panjang di samping memungkinkan Anda memenuhi kewajiban keuangan Anda saat tiba waktunya.
PERANCANGAN DAN MANAJEMEN PERDAGANGAN
Rencana investasi Anda tergantung pada tujuan Anda dan kesanggupan Anda untuk mengambil risiko. Anda harus memantau atau mengkaji secara berkala pencapaian investasi Anda untuk memastikan tercapainya tujuan Anda adalah seperti yang dijadwalkan. Rencana investasi bisa dimodifikasi tergantung pada pencapaian investasi Anda atau perubahan kondisi pasar. Dalam menyusun rencana investasi, Anda harus mempertimbangkan:
• Tujuan investasi Anda
• Strategi distribusi aset untuk mencapai tujuan investasi
• Tipe-tipe produk atau instrument investasi untuk mencapai tujuan Anda

APAKAH JENIS PRODUK PERDAGANGAN YANG SESUAI UNTUK ANDA?
Pemahaman Anda mengenai produk-produk investasi adalah penting sebelum Anda berinvestasi karena setiap produk investasi memiliki tingkat risiko yang berbeda dan waktu yang berlainan untuk produk itu member hasil terbaik. Grafik di sebelah mengkomunikasikan potensi risiko dan keuntungan bagi produk-produk perlaburan yang biasa.
Semakin tinggi keuntungan yang mungkin diperoleh, maka semakin tinggi risiko yang mungkin dihadapi.
Memang ada hubungan positif antara risiko dan pulangan.Dengan ini, Anda dianjurkan untuk berinvestasi hanya dalam produk-produk yang konsisten dengan keinginan resiko Anda. Untuk mendapatkan lebih banyak informasi mengenai factor-faktor yang perlu dipertimbangkan sebelum berinvestasi.

PERANCANGAN ASURANSI
Program asuransi harus dijadikan bagian dari rencana Anda untuk perlindungan terhadap risiko kerugian keuangan yang tidak diperkirakan. Ini termasuk perlindungan atas kerugian akibat kebakaran, banjir dan risiko lainnya terhadap bisnis Anda dan pembelian asuransi kesehatan dan hidup untuk diri dan karyawan Anda. Jumlah asuransi tergantung pada kebutuhan, kondisi dan juga tujuan. Perlindungan asuransi juga perlu ditinjau secara berkala untuk memastikan perlindungan itu adalah memadai dengan posisi Anda.

PERANCANGAN PAJAK
Tujuan perencanaan pajak adalah untuk mengatur urusan keuangan Anda untuk meminiumkan pajak harus dibayar. Jumlah pajak harus dibayar akan mempengaruhi keputusan Anda terhadap hal-hal berikut:
• Investasi
• Pinjaman
• Tabungan

PERANCANGAN pensiun DAN PENGGANTIAN
Perencanaan pensiun merupakan satu aspek penting dalam pengelolaan kekayaan. Sebagai pemilik bisnis, Anda perlu mempertimbangkan beberapa isu berikut:
• Jangka waktu akan pensiun
• Jumlah uang yang Anda butuhkan untuk terus menikmati gaya hidup saat Anda
• Rancangan pengantian tentang siapa dan bagaimana bisnis akan dijalankan setelah Anda pensiun. Ini adalah untuk memastikan adanya rencana yang akan memaksimalkan harga penjualan bisnis Anda atau memungkinkan bisnis Anda atau memungkinkan bisnis diteruskan dengan gangguan yang kecil
• Penilaian / analisis kebutuhan pensiun masa depan
• Analisis taraf / gaya hidup saat dan perbelanjan masa depan
• Analisis atas dana dikumpulkan (investasi & tabungan) dengan mempertimbangkan inflasi, asuransi dan perpajakan
• Kondisi keluarga (jumlah tanggungan, umur, kebutuhan pendidikan, dll.)
Perencanaan pengantian memungkinkan pemilik bisnis mengoperasikan bisnisnya secara teratur jika terjadi kematian mendadak, kehilangan kemampuan sepenuhnya dan permanen atau pensiun. Kematian seseorang pemilik bisnis secara tiba-tiba tanpa perencanaan penggantian ini lebih penting jika anggota keluarga pemilik bisnis tidak memiliki pengetahuan, keahlian atau minat untuk mengambil alih dan menjalankan bisnis itu. Sebagai pemilik bisnis, Anda harus memulai perencanaan penggantian pada tingkat awal untuk memastikan transfer kepemilikan yang teratur dan efisien. Dengan adanya rencana penggantian, Anda dapat:
• Meminimalkan risiko perselisihan keluarga dan gangguan bisnis
• Mempertahankan pegangan saham bisnis dal keluarga atau memberikannya kepada individu pilihan Anda
• Merancang pensiun dari bisnis

PERANCANGAN HARTA
Perencanaan harta merupakan proses pengaturan yang wajar untuk mendistribusikan kekayaan dan mengelola perkebunan seseorang setelah kematian. Ia juga dapat mencegah timbulnya komplikasi hukum dan administrative. Manfaat perencanaan harta termasuk:
• Transfer kekayaan yang lancer dan efesien kepada anggota keluarga atau mereka yang tersayang (dengan mempertimbangkan komplikasi hukum dan tindakan yang tepat waktu)
• Manajemen dan / atau distribusi kekayaan / bisnis yang baik
• Hindari perselisihan / Pergelutan hukum mengenai distribusi kekayaan
Wasiat, amanah dan yayasan adalah antara metode yang biasa digunakan dalam perencanaan harta.

INSTITUT MANAJEMEN KEKAYAAN
Anda mungkin ingin mendapatkan konsultasi professional karena manajemen kekayaan melibatkan berbagai aspek. Ada banyak institute yang menawarkan layanan manajemen kekayaan, seperti bank komersial, bank saudagar, agen amanah saham atau entitas-entitas yang khusus dalam perencanaan keuangan. Namun, bukan semua institusi menawarkan semua jenis layanan manajemen kekayaan. Anda harus memeriksa dan menilai reputasi mereka serta memdapatkan informasi tentang kelayakan lembaga itu sebelum Anda membuat pilihan. Misalnya, penasihat keuangan diberikan lisensi baik oleh Komisi Sekuritas karena memberikan konsultasi keuangan terkait produk dan layanan asuransi.
Kriteria yang harus pertimbangankan termasuk:
• Berbagai jenis produk dan layanan manajemen kekayaan yang disedikan
• Kualitas pejabat manajemen kekayaan, apakah lembaga itu dikendalikan oleh ahli professional yang berpengetahuan
• Reputasi institusi itu. Pilihan lembaga dengan catatan prestasi yang cemerlang

APA YANG PERLU ADA DALAM RANCANGAN ANDA?
Lembaga manajemen kekayaan akan menyediakan rencana tertulis berdasarkan informasi yang Anda berikan kepadanya. Anda harus pastikan semua fakta dan angka adalah tepat dan strategi serta saran yang diberikan memenuhi tujuan Anda. Rencana itu harus:
• menggarisbawahi posisi keuangan saat dan tujuan keuangan Anda
• memberikan strategi keseluruhan untuk mencapai tujuan Anda
• mengusulkan investasi dan strategi-strategi lain dalam pengelolaan uang Anda
• Menerangkan bagaimana investasi dan strategi yang diajukan dapat mencapai tujuan Anda
• Membicarakan risiko terkait dengan setipa pilihan investasi
• Mengungkapkan semua biaya dan komisi

TANGGUNGJAWAB ANDA SEBAGAI KLIEN
Sebagai klien, Anda akan diminta oleh institusi manajemen kekayaan untuk memberikan informasi yang sesuai mengenai perusahaan Anda dan pemilik perusahaan itu, yaitu diri Anda dan mitra bisnis Anda. Ini agar lembaga manajemen kekayaan dapat menghasikan sesuatu rencana keuangan yang sesuai dengan tujuan keuangan Anda dan untuk mematuhi persyaratan Undang Pencegahan Pencucian Uang 2001.

Berinvestasi MELALUI LEMBAGA MANAJEMEN KEKAYAAN
Kebanyakan lembaga manajemen kekayaan akan mengatur ukuran rekening minimal untuk investasi, yaitu antara RM50, 000 sampai RM1 juta. Dana ini bisa dilabur dalam berbagai perlaburan seperti deposito tetap, ekuti diperdagangkan, obligasi korporasi, amanah saham atau produk-produk terstruktur.
Sebelum mengusulkan apa produk kepada Anda, institusi manajemen kekayaan harus perlu menentukan profil risiko Anda. Setiap lembaga manajemen kekayaan menggunakan alat membuat profil risiko dan contoh rencana investasi.
Sebelum menandatangani atas perjanjian untuk menjadi klien sebuah lembaga manajemen kekayaan, Anda berhak untuk:
• Memastikan lembaga itu telah menerangkan dengan jelas segala informasi mengenai layanan
• Mendapatkan penjelasan lebih lanjut jika perlu
• Memverifikasi fid an biaya yang terkait dengan rekening Anda
• Memperoleh laporan untuk semua transaksi yang dilakukan oleh pihak Anda, tepat waktu
• Memperoleh laporan bulanan yang menunjukkan ringkasan portofolio investasi serta transaksi Anda untuk bulan tersebut
• Mengkaji kembali pencapaian investasi Anda dari waktu ke waktu dengan membandingkan tingkat keuntungan wajaran waktu untuk portofolio Anda.

No comments :

Post a Comment